Mitra Binaan Amman Mineral Raih Penghargaan ISTA 2019





TALIWANG-Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Alam Asri Sumbawa Barat mendapatkan penghargaan Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) tahun 2019 dari Kementerian Pariwisata. Penghargaan untuk kategori pemanfaatan ekonomi untuk masyarakat lokal itu diserahkan Menteri Pariwisata Arief Yahya kepada Ketua Pokdarwis Alam Asri di Hotel The Ritz Carlton, Jakarta, kemarin (27/9).

Pokdarwis Alam Asri merupakan salah satu kelompok kerja binaan Amman Mineral Nusa Tenggara (Amman Mineral). Mereka mengembangkan objek wisata Pantai Jelenga di Kecamatan Jereweh, Sumbawa Barat.

Pokdarwis Alam Asri terpilih sebagai salah satu pemenang dari total 5 pemenang lainnya. Mereka dinilai memiliki program pelestarian lingkungan dan pembangunan destinasi wisata berbasis masyarakat. Alam Asri juga menjadi satu-satunya peserta dari Pulau Sumbawa yang masuk nominasi penghargaan ISTA 2019 di antara 362 peserta dari seluruh Indonesia yang turut berpartisipasi.

“Kami turut bangga dengan prestasi yang diraih (Pokdarwis Alam Asri) dan menjadi penyemangat kami untuk terus memberikan kontribusi terbaik bagi kemajuan Sumbawa Barat, khususnya dalam pengembangan sektor pariwisata yang menjadi salah satu andalan penggerak roda perekonomian setempat,” kata Senior Manager Social Responsibility Amman Mineral Syarafuddin Jarot.

Pembinaan Pokdarwis Alam Asri merupakan salah satu bentuk sinergi program pengembangan masyarakat yang dilakukan Amman Mineral bersama pemerintah KSB di bidang pariwisata. Amman Mineral membantu pembinaan melalui penyediaan berbagai fasilitas wisata di Pantai Jelenga, modal kerja, serta pendampingan dan penguatan kapasitas pengelola melalui pelatihan manajemen usaha pariwisata. Sementara, penguatan kelembagaan pokdarwis dilakukan Dinas Pariwisata KSB.

“Sumbawa Barat sangat dengan potensi wisata, termasuk pantai-pantai dengan keunggulan tersendiri, seperti ombak, pasir putih, dan cuaca yang mendukung untuk dilakukan paralayang,” kata Jarot.

Beberapa pantai di Sumbawa Barat sangat berdekatan dengan lokasi tambang Batu Hijau, tempat beroperasinya Amman Mineral. Jarot berharap, kekayaan alam yang ada ini semakin bisa dikembangkan melalui kerja sama dengan berbagai pihak, dan mampu memberikan manfaat maksimal bagi kemajuan pembangunan di Sumbawa Barat. (yun/r1)

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © infontbnow. Designed by OddThemes