Habib Rizieq 'Ceramah Lonte', Rabithah Alawiyah: Tidak Elok

 


Dalam ceramahnya, Habib Rizieq Syihab menggunakan kata 'lonte' untuk menyebut sosok yang menghinanya akhir-akhir ini. Wadah habaib se-Indonesia, Rabithah Alawiyah, menilai kata-kata itu tidak pantas diucapkan Habib Rizieq.
"Tentu perkataan yang disampaikan itu tidak elok, apalagi dalam forum seperti itu," kata Divisi Humas Rabithah Alawiyah dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (16/11/2020).

Rizieq menyampaikan kata-kata itu dalam forum peringatan Maulid Nabi di Petamburan, Jakarta Pusat, 15 November dini hari kemarin. Rabithah Alawiyah kini ingin melakukan tabayun, meminta penjelasan kepada Habib Rizieq atas apa yang dia ucapkan pada momen peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW itu.

"Memang, apa pun konteks dan background-nya, itu tidak elok disampaikan, apalagi oleh seseorang yang memiliki banyak pengikut, panutan, yang tentu memuat tanggung jawab lebih," kata Divisi Humas Rabithah Alawiyah.

Seorang tokoh panutan seharusnya berbicara sesuai norma yang baik. Terlebih lagi, Rizieq berbicara dalam forum keagamaan.

"Memang kalau berbicara soal nilai etika dan perilaku, berlaku pada siapa saja. Siapa pun dia harus sesuai berperilaku sesuai norma etika dan kepatutan yang berlaku di masyarakat, apalagi dalam konteks keagamaan," kata Divisi Humas Rabithah Alawiyah.

Pada 15 November dini hari lalu, Rizieq berbicara soal sosok yang menghinanya. Dia mengkritik sosok itu malah dilindungi aparat keamanan. Sosok itu disebutnya sebagai 'lonte'.

"Ada lonte hina habib. Pusing, pusing. Sampai lonte ikutan ngomong, iyee...," kata Rizieq di Jl KS Tubun, Jakarta Pusat (Jakpus), Minggu (15/11) dini hari.

Ucapan Rizieq disambut riuh hadirin. Dia mengaku tidak marah banyak orang berkerumun saat menjemputnya dikritik. Lalu Rizieq menyinggung soal polisi menjaga rumah orang yang disebutnya lonte itu.

"Saya nggak marah. Cuma ada umat yang marah, ngancem mau ngepung lonte. Eh polisi kalang kabut jagain lonte. Kacau, kacau," kata Rizieq.

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-5257038/habib-rizieq-ceramah-lonte-rabithah-alawiyah-tidak-elok/2


Share this:

Post a Comment

 
Copyright © infontbnow. Designed by OddThemes