Tokoh Agama Diminta Beri Contoh Akhlak yang Baik ke Para Pengikutnya

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi saat diperkenalkan Presiden RI, Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019). Joko Widodo melantik 12 orang wakil menteri Kabinet Indonesia Maju.(KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)


 Wakil Menteri Agama sekaligus Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid meminta setiap tokoh masyarakat memberi contoh yang baik kepada para pengikutnya. Baik ucapan maupun tindakan, kata dia, seorang tokoh masyarakat, terutama ulama harus menjadi panutan yang baik bagi pengikutnya. "Seharusnya setiap tokoh masyarakat memberikan contoh yang baik kepada pengikutnya, baik pada ucapan maupun tindakannya," ujar Zainut dikutip dari siaran pers, Selasa (17/11/2020).

Zainut mengatakan, sebagai pewaris nabi, ulama harus mencontoh akhlak mulia Nabi Muhammad SAW. Akhlak Nabi Muhammad SAW itu yakni selalu menghormati dan memuliakan orang lain meskipun orang tersebut berbeda keyakinan ataupun berbuat yang buruk kepada Nabi. "Kami mengajak semua pihak hendaknya bisa menahan diri untuk tidak saling menghujat dan saling mencela karena hal tersebut bukan akhlak Nabi," kata dia. Tak hanya itu, Zainut juga mengimbau seluruh mubaligh, dai, dan tokoh agama menyampaikan pesan-pesan agama dengan menggunakan bahasa santun. "Akhlak yang baik dan tidak melanggar norma hukum serta susila," kata dia. "Mari kita saling mengingatkan atau berwasiat baik dalam hal kebenaran maupun kesabaran demi menjaga ukhuwah atau persaudaran, baik persaudaraan keislaman maupun kebangsaan," ucap Zainut.

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © infontbnow. Designed by OddThemes