Survei Populi Center: 74,9% Masyarakat Puas Kinerja Pemerintahan Jokowi


Sebagian besar masyarakat menyatakan puas terhadap kinerja pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini terangkum dalam temuan survei yang dilakukan Populi Center. "Tingkat kepuasan terhadap kinerja Presiden Joko Widodo berada di angka 74,9%," kata peneliti Populi Center, Nurul Fatin Afifah dalam paparannya secara daring, pada hari Senin (20/12/2021). Nurul menyampaikan angka tersebut merupakan akumulasi dari responden yang menyatakan sangat puas sebesar 13,9% dan responden yang menyatakan puas sebesar 61%. "Berdasarkan tren, angka kepuasan tersebut merupakan yang paling tinggi bila dibanding survei-survei bulan sebelumnya," ujarnya.

Sementara, kata dia, responden yang menilai tidak puas dengan kinerja Presiden sebesar 22,7%. Hal ini merupakan akumulasi dari mereka yang menyatakan tidak puas sebesar 20,1% dan sangat tidak puas 2,6%. "Angka ini menurun dibanding survei sebelumnya yakni 25%. Adapun masyarakat yang memilih tidak menjawab pertanyaan ini sebesar 2,4%," ucapnya.

Survei dilakukan melalui wawancara telepon terhadap sampel pemilik telepon. Responden dipilih secara acak dari populasi pemilih yakni penduduk berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dari basis data populasi survei Populi Center sejak 2013-2021. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode acak sederhana (simple random sampling) dari kerangka sampling yang dimiliki Populi Center. Pengacakan responden dilakukan pada tingkat provinsi. Adapun Margin of error pada survei ini sebesar ±2,83% dengan tingkat kepercayaan 95%.


Share this:

Post a Comment

 
Copyright © infontbnow. Designed by OddThemes