Jadi Penyangga IKN Nusantara, Kabupaten Tanah Bumbu Persiapkan Ini

 


Kabupaten Tanah Bumbu menjadi salah satu daerah yang akan menajdi penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar mengatakan dari Tanah Bambu ke IKN Nusantara bisa ditempuh dalam waktu paling lama lima jam.

“Tanah Bumbu ini salah satu daerah yang dekat dengan Ibu Kota Negara yang baru, di Penajam Paser Utara. Kita jaraknya lebih kurang 300 Km, paling lama lima jam sampai,” katanya , Senin (17/10/2022).

Dia mengaku mendapatkan tugas dari pemerintah pusat untuk mempersiapkan Tanah Bumbu sebagai daerah penyangga IKN. Salah satu adalah dengan membangun sejumlah industri di Tanah Bumbu.

“Kita mendapatkan tugas dari pemerintah pusat untuk mempersiapkan kita ini sebagai penyangga. Nah sekarang dibangun beberapa industri yang cukup besar. Ada 11 industri, yang sudah terbangun ada 3,” ungkapnya.

Selain itu, pariwisata juga menjadi salah satu sektor yang dikembangkan sebagai daerah penyangga. Termasuk pembangunan infrastruktur. “Kita juga membangun wisata. Termasuk ada masjid terapung di laut. Insyaallah enam bulan lagi selesai. Kemudian kita memperbaiki jalan-jalan,” katanya.

Zairullah juga mengatakan ingin membangun bendungan dengan luas sekitar 20.000 hektar. Bendungan ini dinilai akan mampu mengairi sawah baru seluas 28.000 hektar. “Kemudian yang luar biasa yang akan menjadi sumber pendapatan ekonomi masyarakat dan mencegah terjadinya banjir di Tanah Bumbu. Yang luar biasa, hasil riset dari Jepang itu akan mampu menghasilkan tenaga listrik 100 Megawatt. Nah ini bisa menjadi sumber untuk listrik di Ibu Kota negara yang baru,” jelasnya.

Saat ini pihaknya sedang mengusulkan untuk menggunakan lahan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam pembangunan bendungan tersebut. “Saya akan mengajukan permohonan kepada menteri bahwa ini segera mendapatkan pinjam kawasan sehingga bisa dibangun. ni menjadi salah satu sumber untuk kita berikan ke IKN,” tuturnya.

Pihaknya juga akan membangun Balai Latihan Kerja (BLK) untuk mempersiapkan tenaga kerja lokal. “Pasti akan banyak tenaga kerja yang datang ke sana (IKN). Nah kita siapkan pelatihannya. Ibu Menteri tenaga kerja, sudah setuju untk pembangunan BLK,” pungkasnya.

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © infontbnow. Designed by OddThemes