Tokoh Masyarakat Kaltim Sepakat Dukung Pembangunan IKN


Pembangunan IKN Nusantara mendapat dukungan luas dari berbagai elemen masyarakat Penajam Paser Utara, Kutai Kartanegara, dan Kalimantan Timur. Salah satunya Ketua Umum Persekutuan Dayak Kalimantan Timur (PDKT) Syaharie Jaang. “Saya mengimbau kepada seluruh anak negeri di Kalimantan, khususnya Kalimantan Timur, mari kita sambut IKN Nusantara dan jaga kekompakan, keamanan, serta kondusivitas,” katanya.

Dukungan serupa disampaikan Ketua Umum Persekutuan Suku Asli Kalimantan (Pasak) Mulawarman Bersatu, Surpani Sulaiman. Menurut dia, pemindahan IKN ke Kalimantan Timur adalah kado terbaik bagi masyarakat. Dia optimistis pemindahan ini akan menciptakan pemerataan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.  ukungan serupa disampaikan Ketua Umum Persekutuan Suku Asli Kalimantan (Pasak) Mulawarman Bersatu, Surpani Sulaiman. Menurut dia, pemindahan IKN ke Kalimantan Timur adalah kado terbaik bagi masyarakat. Dia optimistis pemindahan ini akan menciptakan pemerataan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.  

“Pemindahan IKN ke Kaltim sangat ideal, karena sejarah mengajarkan kerajaan tertua ada di Kalimantan.  Selain itu, posisi Kaltim strategis, potensi bencana alam sangat kecil, tanah yang dibangun adalah tanah pemerintah, dan potensi konflik horizontal tidak ada,” ucap Surpani.

Kerajaan tertua, Kutai Martadipura berdiri pada abad ke-4.  Kerajaan tersebut ditaklukkan oleh Kerajaan Kutai Kartanegara yang kemudian berubah nama menjadi Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura. Setelah Indonesia merdeka, Kesultanan Kutai turut membantu pemerintah membangun Kalimantan Timur. Begitu pula setelah Presiden Joko Widodo menyatakan IKN akan dipindahkan ke Kalimantan Timur, Kesultanan Kutai ikut memberi dukungan.

Anggota Dewan Penasihat Kesultanan Kutai, Aji Pangeran Aryo Kusuma Puger mengingatkan, jangan sampai IKN membuat budaya masyarakat terpinggirkan.  “Yang penting saling hormat-menghormati dengan budaya yang ada, mempererat silaturahmi,” ujarnya.

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © infontbnow. Designed by OddThemes