Dukung Palaksanaan Pemilu Damai 2024, Stakeholder di NTB Nyatakan Netralitas

Foto : Focus Group Discussion (FGD) Kesbangpol Propinsi NTB bersama stakeholder di NTB

Mataram, Lombok Fokus -Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi NTB menggelar Focus Group Discussion (FGD) bersama stakeholder di NTB, dengan Tema Optimalisasi Peran Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Tahun 2023 Dalam Rangka Mensukseskan Pemilu Serentak 2024 di NTB.

Acara yang dihelat di Hotel Grand Madani ini dihadiri puluhan orang stakeholder terkait di NTB, diantaranya Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Propinsi NTB, Kepala BIN Daerah NTB, Kasrem 162/WB, Wadir Intelkam Polda NTB dan Kasi Sosbud Kejati NTB, serta undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Propinsi NTB, Ruslan Abdul Gani, menyampaikan dengan FGD ini agar menciptakan situasi damai dan kondusif dalam Pemilu 2024.

“Oleh karena itu kami yang bertanggung jawab sebagai OPD daerah meminta bantuan dari semua stakeholder untuk suarakan Pemilu Damai”, kata, Ruslan Abdul Gani.

“Maksud dan tujuannya FGD ini juga, sebagai wujud koordinasi dan sinkronisasi dalam penanganan konflik sosial di wilayah NTB, agar terciptanya kondusifitas wilayah selama pelaksanaan pemilu 2024. Sinergitas dan kerjasama dalam menjaga kondusifitas daerah, serta yang tidak kalah pentinya yakni Netralitas ASN dalam Pelaksanaan Pemilu tahun 2024”, tambahnya. Selasa, 12 Desember 2023.

Pada kesempatan yang sama, TNI dan Polri juga terus memastikan keamanan serta netralitas dalam pelaksanaan Pemilu.

“Berbagai potensi kerawanan selama tahapan pemilu tahun 2024 terus menjadi perhtian pihaknya, seperti adanya pelanggaran kampanye, politik uang, intimidasi, netralitas. Pihaknya di jajaran Polda NTB juga melakukan Operasi Mantab Brata (OMB) dalam rangka pengamanan Pemilu. Polda NTB dan jajaran juga sudah menyiapkan personel yang disesuaikan dengan situasi wilayah, terutama di daerah rawan di wilayah NTB”, Tegas, Wadir Intelkam Polda NTB, AKBP Gunawan.

Ditambahkan Kasrem 162/WB, Kolonel Inf. Susanto Lastua Manurung menegaskan, “Jika terdapat Anggota TNI yang melakukan pelanggaran netralitasi Pemilu, dipersilahkan melaporkan ke Posko Pengaduan yang berlokasi di tiap-tiap Kodim dan jika ditemukan pelanggaran tentunya akan dikenai sansi sesuai dengan ketentuan”. terangnya.

Sementara itu, Kepala BIN Daerah NTB, Wara Winahya menyampaikan bahwa pihaknya optimis Pemilu di Propinsi NTB berjalan aman dan lancar, nemun tidak boleh under estimate.

“Untuk itu, perlu peningkatan sinergitas semua stokholder, penyelengaran pemilu dengan unsur aparat keamanan dan intelijen. Semua ASN, TNI Polri dan BIN menjunjung tinggi netralitas dalam Pelaksanaan Pemilu 2024”. Tutupnya.

Focus Group Discussion (FGD) bersama stakeholder di NTB ditutup dengan Deklarasi Pemilu Damai 2024 dan Netral Tidak Memihak Kepada Peserta Pemilu, oleh undangan yang hadir. (LF.01)

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © infontbnow. Designed by OddThemes