Bawaslu RI Pastikan Kesiapan Pengawasan Pemilu 2024 di NTB


Anggota Bawaslu RI, Lolly Suhenty turun langsung mengecek kesiapan jajaran Bawaslu di wilayah Provinsi NTB dalam mengawasi jalannya perhelatan Pemilu 2024. Kesiapan jajaran pengawas dibawah penting dipastikan mengingat hari H pemungutan suara pemilu 14 Februari 2024 sudah semakin dekat.

Lolly juga menegaskan pada jajarannya bahwa Bawaslu Kabupaten/Kota, Panwascam, hingga Pengawas Desa/Kelurahan (PKD) merupakan gerbang utama dan ujung tombak pengawasan di setiap wilayah.

Terutama PKD dan Panwascam menjadi pengawas pemilu yang paling dekat dengan masyarakat di tingkat akar rumput. Sehingga penting bagi setiap personelnya untuk memiliki kompetensi dan kemampuan komunikasi yang baik dengan masyarakat.

“Teman-teman di tingkat kecamatan dan desa menjadi ujung tombak pengawasan kita, untuk itu sekali lagi saya sampaikan untuk tetap semangat menjaga integritas pengawas pemilu dan integritas Pemilu tahun 2024,” ungkapnya.

Lolly juga memberikan motivasi pada jajaran Pengawas Pemilu untuk sungguh-sungguh dalam mengemban amanah Undang-Undang dalam mengawasi Pemilu 2024. Sebab kompleksitas tantangan pemilu 2024 terus makin meningkat.

“Jangan mudah menyerah untuk terus mengawas di setiap tahapan, jika ada kendala segera ditindak lanjuti. Jaga terus integritas kita sebagai pengawas pemilu dan tetap semangat,” tegas Lolly pada jajarannya.

Lolly juga menyampaikan harapannya bahwa Pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik dan agar jajaran pengawas pemilu benar-benar memahami seluruh mekanisme pengawasan, pencegahan, penanganan pelanggaran, serta penyelesaian sengketa, sesuai dengan tugas dan wewenang Bawaslu yang diamanatkan Undang-Undang.

“Kami juga memerlukan seluruh masukan dan saran sebagai lembaga penyelenggara pemilu untuk dapat meningkatkan kinerja kami di lapangan, terutama saat mengawasi tahapan,” imbuhnya.

Terakhir Lolly juga mengingatkan kepada jajarannya untuk semakin fokus melakukan pengawasan tahapan Pemilu, mengingat tahapan kampanye sudah berjalan dan semakin dekat dengan tahapan pemungutan dan penghitungan suara.

“Semakin dekat dengan hari-H, maka dalam konteks ini pengawasan partisipatif semakin penting untuk dimasifkan di seluruh tingkatan. Saatnya bergerak melakukan pengawasan partisipatif yang paling nyata dan yang paling dekat dengan kita yaitu pengawasan di lingkungan kita sendiri,” pungkasnya.

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © infontbnow. Designed by OddThemes