KPU NTB Lantik 113.701 KPPS, Diminta Bekerja Profesional-Jaga Integritas


Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nusa Tenggara Barat (NTB) melantik 113.701 anggota Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) pada Kamis pagi (25/1/2024). KPU NTB mengingatkan agar KPPS bekerja secara profesional dalam Pemilu 2024.

"Kami berharap agar teman-teman profesional menjaga integritas dan kode etik penyelenggara," ujar Komisioner KPU NTB Agus Hilman, Kamis. Menurut dia, KPPS merupakan pintu gerbang pertama dalam menjaga kemurnian demokrasi.

Agus menjelaskan seluruh anggota KPPS yang dilantik akan langsung mendapatkan bimbingan teknis (Bimtek) oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan diawasi perangkat KPU kabupaten/kota.

Para anggota KPPS itu langsung menanam pohon seusai dilantik. "Penanaman 113.701 pohon tersebut menyimbolkan spirit untuk mengembalikan kelestarian bumi di mana pelaksanaan pemilu melibatkan penggunaan kertas yang cukup besar seperti surat suara, bilik suara, dan kotak suara," katanya.

Sebelumnya, KPU NTB menetapkan 3.918.291 jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu. Adapun, jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di provinsi tersebut mencapai 16.243 TPS.


Share this:

Post a Comment

 
Copyright © infontbnow. Designed by OddThemes